PENGENALAN TENTANG KOMPUTER

KOMPUETER
ASSALAMUALAIKUM wr wb.
          pada kesempatan hari ini saya akan membahas tentang apa itu komputer dan sejarah perkembangannya.


1.PENGERTIAN.
      komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan dimana komputer itu sendiri merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama membentuk sebuah sistem kerja yang dapat menjalankan pekerjaan secara otomatis berdasarkan urutan istruksi ataupun program yang diberikan kepadanya sehingga dapat menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.

 2.LATAR BELAKANG.

 Sejak dahulu hingga sekarang, proses pengolahan data dan informasi sudah dilakukan oleh manusia. Kegiatan ini mendorong manusia menemukan alat-alat mekanik dan elektronik yang sangat  membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data dengan tujuan mendapatkan hasil lebih cepat dan akurat. Komputer yang sekarang  kita jumpai  adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia dari sejak dahulu  berupa alat mekanik maupun elektronik.

    Terciptanya komputer diawali dari perkembangan alat hitung angka. Dalam hal  perkembangan komputer kita tidak bisa lepas dari perkembangan
 alat hitung. Alat hitung tertua yang sekarang masih digunakan adalah  sempoa yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di  bagian Asia kecil dan sampai saat ini masih digunakan di beberapa tempat. Penemuan ini  dapat dianggap sebagai awal mula terciptanya mesin komputer.
Pada tahun 1642 Blaise Pascal membuat sebuah mesin jumlah (Mechanical Adding Mavhine) yang dipakai  pada kantor ayahnya di Rouen Perancis. Pada tahun 1880, Dr. Herman Hollerith dari United States Census Bureau menemukan metode dengan menggunaka punch card untuk merekam data dalam mesin sensusnya. Hal ini membawanya sukses pada tahun 2886 ia mendirikan Tabulasi Machine Company dikemukakan hari Tabulating Machine Compay berembang menjadi internasinal Bussiness Machine Corporation. (I.B.M).

     Pada tahun 1833, Charles Babbage menggunakan konsep yang mendekati stored program pada komputer modren dan mesinnya disebut Analytical
Engine. Pada tahun 1854, George boole menerapkan operasi matematika logic (aljabar logic), penemuan ini merupakan sumbangan besar untuk perkembangan menuju abad komputer. Pada tahun 1908 James Power dari Census Bareau berencana untuk membuat mesin untuk memproses dengan menggunakan punch card dan mesin ini digunakan pada tahun 1910.  Pada tahun 1911 ia membentuk Power Accounting Machine Compay  menjadi Remington Rand Company dan sekarang menjadi Univac Division of  Sperry and Corporation.
Pada tahun 1963, Leibniz menciptakan  mesin hitung yang bisa  digunakan untuk menghitung operasi pertambahan dan perkalian. Pada Tahun 1975 Joseph Mario Jacuard, merancang  metode penggunaan lubang-lubang pada card yang berguna  untuk mengotrol  pada mesin penenun tekstil.

     Pada tahun 1930 M Jhon V. Atanasiffy membuat  meisn hitungyang dapat berkerja secara elektronik, tetapi pemutusan serta penyambungan arus
 listrik masih dilakukan secara mekanis. Pada tahun 1944 Howard Aiken membuat komputer yang dapat melakukan operasi artimatika dan logika secara otomatis, computer ini  disebut  Mark I. Kemudian Mark I  tidak digunakan setelah munculnya komputer elektronik yang otomatis yang disebut Eniac yang  dirancang oleh J. Prosper Ecklert dan Jhon W.Mauchly.
Hingga saat ini perkembangan komputer dapat dikatakan telah mengalami 6 generasi yang dapat dikelompokkan sebagai berikut :

 1.Generasi I (tahun 1946-1959)
   ciri-ciri komputer generasi ke pertama:

 *Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.
*Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
*Cepat panas.
*Proses kurang cepat.
*Kapasitas penyimpanan kecil.
*Memerlukan dya listrik yang besar.
*Orientasi pada aplikasi bisnis.
*Silinder magnetik untuk menyimpan data.

    Generasi II (tahun 1959-1965)
       ciri-ciri komputer generasi ke kedua:

 Menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan diode untuk menggantikan tabung vakum.
* Sudah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRAN dan COBOL.
* Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
* Menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
* Kemampuan melakukan proses real time dan real-sharing.
* Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibanding komputer generasi pertama.
* Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu jutaan operasi perdetik.
* Kebutuhan daya listrik lebih kecil.
* Orientasi program tidah hanya tertuju pada aplikasi bisnis, tetapi juga aplikasi teknik.

 
    Generasi III (tahun 1965-1970)
 ciri-ciri komputer generasi ke ketiga:

* menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
* Peningkatan dari sisi software.
* Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
* Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
* Penggunaan listrik lebih hemat.
* Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
* Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
* Harganya semakin murah.
* Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.

    Generasi IV (sejak 1970 – 1980)
 ciri-ciri komputer generasi ke keempat:

* Komponen elektronikanya dari miniaturisasi yang disebut LSI.
* Mulai memperkenalkan VLSI (Very Large Scale Integration) yang merupakan paduan dari IC dengan kapasitas rangkaian dapat mencapai 100.000 komponen tiap chip.
* Mulai dikembangkan suatu jaringan komputer lokal yang menggunakan ARCNET (Attach Research Computing Network).
* Program dibuat dengan bahasa: BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL.
* Telah menggunakan Metal Oxide Semiconductor (MOS).

    Generasi V (1980 – sekarang dalam tahap perkembangan)
  ciri-ciri komputer generasi ke lima:

*Komputer generasi ini masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak.
*Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang.
*Komponen elektronikanya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI.
*Program dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor).
*Komputer generasi kelima difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan *komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.


      sekian dari artikel kali ini semoga bermanfaat.

FERERENSI:

    WASSALAMUALAIKUM wr wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

how to upgrade php5.6 ke php 7.0

CSS Part 12: FONT CSS

MENGANTI TAMPILAN THEME PADA WORDPRESS